BPBD Sebut Indeks Ketahanan Daerah Kota Banjarmasin Membaik | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Minggu, 09 April 2023

BPBD Sebut Indeks Ketahanan Daerah Kota Banjarmasin Membaik

BERITABANJARMASIN.COM - Indeks Ketahanan Daerah (IKD) Banjarmasin dari bencana membaik dan sekarang berada di posisi teratas ke empat se-Kalsel.

"Alhamdulillah dari hasil evaluasi BNPB
IKD Kita meningkat dan berada di urutan empat se-Kalsel," papar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarmasin, Husni Thamrin di DPRD Banjarmasin.

Berdasarkan hasil evaluasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada tahun 2022, Kabupaten Tapin dan Kabupaten Tanah Bumbu berada di posisi teratas dengan nilai sama 0,62 sedangkan posisi 3 adalah Kabupaten Barito Kuala dengan nilai 0,58 dan keempat Kota Banjarmasin berada dengan nilai 0,56.

Menurutnya membaiknya nilai IKD di Banjarmasin ini tidak terlepas dari kerja s1ama dan bantuan semua pihak seperti DPRD yang turut mendukung dalam bentuk dokumen persetujuan terhadap kegiatan penanganan kebencanaan.

Dengan membaiknya IKD di kota ini kata Husni juga berdampak pada Indeks Risiko Bencana (IRB) Banjarmasin jadi menurun. "Yang tadinya 0,96 selama bertahun-tahun sekarang di angka 0,84," ungkapnya.

Husni menerangkan ketahanan atau kesiapan beradaptasi suatu daerah pada kondisi bencana itu sangat penting, dan jika baik IKDnya maka harusnya tidak akan menjadi masalah besar dan bisa teratasi. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner